Tentang Buku: Miljan Radovic – Selangkah Lebih Maju

Miljan Radovic

Miljan Radovic & Budi Bram

Seorang pemain sepakbola terkadang mendapatkan pengalaman yang cukup berkesan bersama klub sepakbola yang dibelanya. Miljan Radovic adalah salah satu pemain sepakbola profesional yang mendapatkan pengalaman berkesan tersebut bersama Persib Bandung, walau hanya satu setengah musim dia tergabung di sana. Kesan-kesan itu dituturkan pemain asal Montenegro tersebut dalam sebuah buku berjudul “Selangkah Lebih Maju” yang dituliskan oleh istrinya sendiri, Jelena Radovic. Jelena Radovic sendiri adalah seorang lulusan fakultas filsafat, jurusan fakultas Sastra dan Bahasa Sastra. Buku setebal 74 halaman dengan sampul yang berwarna dominan biru dengan foto dirinya yang sedang melakukan selebrasi khas tersebut diluncurkan pada tanggal 23 Desember 2012 di Bandung. Selain cerita pengalamannya, buku ini juga disisipi foto-foto Miljan saat masih kecil dan saat bermain di lapangan dengan Persib Bandung.

Pada halaman awal buku tersebut dibuka oleh kata pengantar dari Harri Firmansyah, S.Mb, CHT, CNLP. sebagai seorang motivator bagi klub Persib Bandung. Kemudian beberapa orang yang dekat dengan Miljan juga menceritakan bagaimana Miljan seperti yang mereka kenal, mulai dari rekan satu tim di Persib hingga elemen bobotoh. Kesan positif seorang Miljan dituturkan oleh orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya pada bagian tersebut. Bagian selanjutnya adalah 12 bab yang menceritakan setiap pengalaman hidup yang pernah dialami dan disisipi dengan cerita masa kecilnya.

Cerita pengalaman Miljan dalam buku ini diawali dengan kutipan “Manusia yang paling bahagia adalah yang bisa membuat banyak orang merasa bahagia”, menceritakan ketika dia menaiki taksi dan ternyata supir taksi tersebut terkejut bahwa yang menjadi penumpangnya adalah seorang pemain sepakbola yang klubnya didukung oleh supir taksi itu. Miljan merasa bahwa Indonesia merupakan negeri yang luar biasa dan bangsa yang begitu mencintai sepakbola. Miljan juga menceritakan bagaimana pertama kali dia tiba di Jakarta, sebuah kota yang memiliki cuaca yang sangat berbeda dari kota asalnya, Niksic. Setelah melalui perjalanan panjang dari negaranya, Miljan kemudian langsung menjalani ujian untuk masuk menjadi pemain Persib Bandung keesokan harinya. Dalam kepalanya dipenuhi dengan berbagai rasa penasaran bagaimana dia akan menjalani proses ujian, bagaimana dia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya yang membuatnya kesulitan untuk tidur. Setelah turun ke lapangan untuk pertama kalinya pun dia terkejut, ternyata banyak bobotoh Persib yang menyaksikan walaupun itu hanya latihan saja.

Di bagian lain buku tersebut juga menceritakan bagaimana masa kecilnya yang harus membohongi orang tuanya untuk bermain sepakbola karena dia begitu mencintai permainan tersebut, hingga akhirnya dia ketahuan berbohong dan ayahnya bisa memakluminya. Dia mampu memotivasi dirinya dengan cara mendapatkan nilai bagus di sekolahnya sehingga kedua orang tuanya bisa mencabut larangan untuk bermain sepakbola. Dari bagian tersebut bisa kita ambil pelajaran bahwa kemampuan luar biasa Miljan tidak turun begitu saja dari langit, melainkan melalui sebuah proses, mulai dari ijin orang tuanya hingga kemauan keras menjalankan apa yang dia sukai untuk mencapai tujuan sebagai pemain sepakbola yang cukup dikenal.

Ada lagi cerita yang begitu berkesan yang dia tumpahkan dalam bukunya, yaitu ketika ada supir taksi yang dia tumpangi baru saja dikaruniakan seorang anak dan supir taksi tersebut meminta agar Miljan menelpon kepada keluarganya yang sedang berada dirumah sakit supaya mereka percaya bahwa penumpangnya adalah seorang pemain dari Persib, klub kesayangannya kemudian menanyakan apakah Miljan tidak keberatan jika namanya disematkan pada anaknya tersebut. Miljan juga tidak lupa menyematkan secuil kehidupan sosial di jalanan kota Bandung yang begitu membuatnya bersyukur bahwa dia bisa membuat anak-anak jalanan yang melihat dirinya begitu gembira dan mengelu-elukan namanya saat salah seorang dari mereka diberikan uang dari dalam taksi olehnya.

Cerita dari lapangan ketika dia berhasil membuat gol untuk penentu kemenangan Persib atas rival utamanya Persija juga dia bagikan dalam bukunya. Mulai dari kejadian di ruang ganti hingga saat dia menginjakkan kakinya di lapangan kemudian mencetak gol yang dia sebut sebagai gol yang akan dikenang sepanjang masa, dituturkan dengan sangat menarik.
Tidak sampai di situ saja, Miljan membagikan bagaimana seorang pemain ketika berada di lapangan. Mulai dari mengikuti strategi dari pelatih hingga improvisasi seorang pemain menghadapi pemain klub lawan.

Tampak bahwa Miljan selalu berpikiran positif dengan membaca buku ini. Setiap permasalahan bisa dia ambil sisi positifnya sehingga membuatnya mampu terus melangkah untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Akhirnya bisa diambil kesimpulan bahwa buku ini menarik untuk dibaca, selain dapat mengetahui bagaimana kehidupan seorang pemain sepakbola, kita juga bisa mendapatkan berbagai motivasi dan energi positif untuk menghadapi berbagai situasi. Untuk ukuran sebuah buku biografi, buku ini tergolong sederhana dan singkat, namun memiliki isi yang mampu mengilhami kita, mengingat Miljan yang hanya bersama Persib Bandung selama satu setengah musim namun mendapatkan banyak hal luar biasa yang bisa dia bagikan. Buku ini merupakan buku yang pertama dibuat oleh seorang pemain sepakbola asing di Indonesia dan semoga dapat melengkapi khasanah kepustakaan di Indonesia.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Tentang Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s